RAPAT ANGGOTA


BAB I
P E N D A H U L U A N

A.        DASAR
1.    Undang-undang Koperasi Nomor 25 tahun 1992.
2.    Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”
3.    Surat Keputusan Ketua Umum Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” Nomor No. 001/SK.SK/KBMBiMa/I/2014 tanggal 02 April 2014 tentang pengangkatan Pengurus periode tahun 2013 – 2014 Pengawas periode tahun 2013 – 2014.
4.    Surat Keputusan Ketua Umum Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” Nomor No. 003/SK.SK/KBMBiMa/I/2014 tanggal 30 April 2014 tentang Perubahan Susunan Pengurus periode tahun 2013 – 2014
5.    Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK) Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  Tahun Buku 2014.
B.        MAKSUD DAN TUJUAN
Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas bertujuan :
1.    Mempertanggungjawabkan kepada anggota selama 1 (satu) tahun mengenai pengelolaan koperasi dan usaha yang dilaksanakan oleh Pengurus dan hasil pengawasan oleh Badan Pengawas.
2.    Mengevaluasi kinerja Pengurus dan Pengawas dalam melaksanakan amanat Anggota yang dituangkan pada RAPBK tahun 2014.
3.    Memberikan informasi kepada semua pihak tentang hasil yang dicapai secara kualitatif maupun kuantitatif, hambatan yang dihadapi, dan usaha penanggulangannya.
4.    Sebagai dasar penyusunan Program Kerja dan pengembangan koperasi yang akan datang.
C.        RUANG LINGKUP
Laporan pertanggungjawaban ini meliputi: hal-hal yang dicapai di bidang organisasi dan Simpan Pinjam, Bidang Unit Usaha serta pencapaian Sisa Hasil Usaha (SHU) dan permasalahan yang dihadapi dan usaha penanggulangannya.
D.        SISTEMATIKA
Bab I
:
PENDAHULUAN: dasar, maksud dan tujuan, ruang lingkup dan sistematika
Bab II
:
Keadaan Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” Tahun Buku 2014 meliputi : organisasi dan administrasi, permodalan, perlengkapan dan lain-lain
Bab III
:
Pelaksanaan dan hasil yang dicapai tahun buku 2014 : Laporan kegiatan Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  Tahun 2014, bidang organisasi dan Simpan Pinjam, Bidang Unit Usaha, Permasalahan yang dihadapi dan Usaha Penanggulangannya.
Bab IV
:
Penutup: kesimpulan dan saran.
BAB II
KEADAAN KOPERASI BINA MANDIRI “ KBM BiMa” 
TAHUN BUKU 2014

A.        ORGANISASI DAN ADMINISTRASI
1.    Keanggotaan Jumlah anggota pada awal berdirinya koperasi berjumlah 40 Orang anggota dan per 31 Desember 2014 bertambah 17 anggota baru sehingga sekarang berjumlah 57 orang. Namun demikian ada yang mengundurkan diri sehingga jumlah anggota aktif sebanyak 40 Orang.
2.    Pengurus
Pengurus Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  periode 2013 – 2014 merupakan hasil rapat Anggota Luar Biasa yang dilaksanakan pada tanggal 02 April 2014 dan dengan Surat Keputusan Ketua Umum Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  Nomor 001/SK.SK/KBMBiMa/I/2014 tanggal 02 April 2014  dengan susunan sebagai berikut :
a.    Ketua Umum              : MUSTAMAR,SE
b.    Ketua I                         : SUWARNO
c.    Ketua II                        : SADIMAN
d.    Sekretaris I                  : SUDARMINTO
e.    Sekretaris II                 : DESRI ASTUTI
f.     Bendahara                  : SUKIDI
Namun demikian dengan pengunduran salah satu pengurus yaitu sekretaris I maka terjadi perubahan kepada pengurusnya dan dirubah dengan SK Nomor 003/SK.SK/KBMBiMa/I/2014tanggal 30 April 2014 sehingga kepengurusan menjadi :
a.    Ketua Umum                                                              : MUSTAMAR,SE
b.    Ketua I Bidang Organisasi & Simpan Pinjam             : SADIMAN
c.    Ketua II Bidang Unit Usaha                                        : M ALI IMRON
d.    Sekretaris                                                                    : SUNARNO
e.    Bendahara                                                                  : SUKIDI
3.    Pengawas
Pengawas Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  periode 2013 – 2014 merupakan hasil Rapat Luar Biasa Tahun 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 02 April 2014  dengan susunan sebagai berikut :
a. Ketua                 : TRI IRIYANTO
b. Sekretaris          : RUKIYAH
c. Anggota             : TRIYANTO

4.    Ketenagaan/Karyawan
a.    Manager
Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan bidang usaha, pengurus Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  Jabatan Manager Langsung Dipegang Oleh Ketua Umum Koperasi Dibantu seluruh pengurus koperasi
b.    Karyawan
Sampai dengan saat ini mengingat permodalan dan keinginan untuk membentuk sebuah organisasi koperasi maka Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  belum mengangkat satu orang karyawan dimana untuk semua administrasi dan pelaksanaanya dibebankan kepada seluruh pengurus koperasi
B.        PERMODALAN
Modal Awal Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  periode 2013 – 2014 didapat dari Iuran Pokok Anggota sebanyak Rp. 10.000.000,- dan seiring dengan berjalanya waktu maka pada tanggal 31 Desember 2014 berjumlah Rp.  18.520.000,- yang didapat dari iuran wajib dan iuran sukarela anggota.
Modal di atas terdiri dari :
1.    Modal Sendiri :
Modal sendiri sebanyak Rp. 12.190.000,-  terdiri dari :
a.    Simpanan Pokok Anggota                  : Rp.  9.400.000,-
b.    Simpanan Wajib Anggota                   : Rp.  2.790.000,-
c.    Simpanan Khusus Anggota                : Rp. -
d.    Simpanan Harkop Anggota                : Rp. -
e.    Cadangan                                           : Rp. -
f.     Dana-dana                                          : Rp. -
2.    Modal Luar :
Modal luar sebanyak Rp. 6.330.000,- terdiri dari :
a.    Hutang Uang                                       : Rp. -
b.    Hutang Usaha                                     : Rp. -
c.    Simpanan Sukarela Anggota              : Rp. 5.690.000,-
d.    Simpanan wajib pinjaman anggota     : Rp.    640.000,-
C.        PERLENGKAPAN
1.      Barang Inventaris Kantor Barang-barang perlengkapan kantor yang terdiri Komputer, meja/kursi adalah milik perusahaan swasta yang dipinjam pakaikan untuk operasional koperasi.

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
Dalam pelaksanaan kegiatan koperasi di tahun buku 2014 pengurus telah berusaha secara maksimal untuk mencapai sasaran sesuai RAPBK 2014. Namun kami menyadari dalam realisasinya masih ada kegiatan usaha yang tidak tercapai sesuai sasaran. Sehubungan dengan hal tersebut perlu ditingkatkan lagi pelayanan bagi anggota, bidang permodalan, partisipasi aktif serta peningkatan simpanan bagi anggota dan kerja sama dengan pihak lain.
Dilihat dari kurang keberhasilannya untuk mencapai SHU, dikarenakan adanya beberapa faktor antara lain kurang lancarnya pembayaran dari para anggota yang meminjam uang, adanya pengeluaran yang belum bisa dipertanggungjawabkan seperti untuk kegiatan Rencana Pembukaan Unit Usaha Baru “ TOKO KELONTONG “ yang terhalang oleh ketidak tersedianya modal usaha ,dan pengambilan tabungan sukarela dari beberapa anggota. Apabila dilihat dari pengelolanya, juga mengalami permasalahan yaitu adanya penggantian pengurus, kemampuan SDM yang masih perlu ditingkatkan serta belum ditunjangnya sarana dan prasarana termasuk tempat usaha yang cukup untuk meningkatkan operasional koperasi.
Selain hal tersebut, koperasi juga belum didukung oleh kesadaran yang tinggi bagi anggota untuk memperbesar simpanan dan membayar kewajiban pinjaman yang tepat waktu.
Secara rinci kegiatan hasil-hasil kegiatan beserta sisa hasil usaha yang dapat dilaksanakan sebagai berikut:
A.        BIDANG ORGANISASI DAN SIMPAN PINJAM
1.    Anggota koperasi
a.    Telah membuat buku simpanan untuk semua anggota yang berisi catatan transaksi simpanan anggota dan memberikan kartu keanggotaanya.
b.    Telah diperbaiki daftar nama-nama anggota Koperasi sesuai keadaan yang sebenarnya, dengan jumlah 40 anggota per 31 Desember 2014 yang dimana anggota koperasi tersebut adalah anggota aktif  
c.    Simpanan sukarela mendapat jasa 9% pertahun (0.75 % per bulan)
d.    Telah mengambil keputusan dengan menambah iuran sosial yang dipergunakan untuk membantu anggota koperasi yang mendapatkan musibah atau mempunyai kebutuhan yang bersifat bantuan.
2.    Kepengurusan
    1. Terkoordinasinya tugas pokok dan fungsi pengurus
    2. System kerja, pengurus dan pengawas telah diperbaharui untuk meningkatkan kinerja
    3. Telah melaksanakan pembinaan disiplin dan produktivitas kerja pengurus melalui penyederhanaan sistem dan prosedur kerja.
    4. Terlaksananya kerjasama dengan MUI ,Dinas kesehatan, Polisi PP, Dinas Pendidikan serta instansi instansi pemerintah yang lain.
    5. Melaksanakan rapat pengurus, pengawas dan ketua kelompok
3.    Rapat-rapat Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” :
    1. Rapat Anggota Tahunan (RAT) Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Koperasi (RAPBK) tahun buku 2015 pada tanggal 5 April 2015.
    2. Rapat Anggota 3 ( Tiga ) bulanan yang dilaksanakan dirumah anggota koperasi untuk menjalin tali silaturahmi sesame anggota dan sekaligus mengumpulkan Iuran wajib dan Iuran Sukarela.
    3. Rapat Anggota Luar Biasa tahun 2014 pada tanggal 30 April 2014 tentang pemilihan pengganti pengurus dan pengawas koperasi karena ada yang mengundurkan diri.
    4. Konsultasi dengan Dinas Koperasi dan UKM
    5. Rapat Rutin Pengurus dan Pengawas
4.    Hubungan Kerjasama dengan Instansi Lain :
Melaksanakan kerjasama dengan  Bank Syariah Mandiri, Bank Riau dan perusahaan swasta lainnya.
5.     Pengelolaan Surat-surat
    1. Surat Masuk : 83 surat
    2. Surat Keluar : 224 surat
B.         BIDANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
1.    Mengikuti Seminar/pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga perkoperasian
2.    Pemberian Bantuan kepada anggota yang terkena musibah, anggota yang mempunyai pekerjaan ( Nikahan, sunatan, kelahiran ) dengan rincian:
a.    Anggota keluarga yang meninggal diberikan Bantuan Rp. 300.000,-
b.    Anggota Koperasi Yang mempunyai pekerjaan ( Nikahan, sunatan, kelahiran ) diberikan Bantuan Rp. 300.000,-
D.        BIDANG KEUANGAN
1.    Terlaksananya pengelolaan keuangan dengan menggunakan Sistem Pembukuan Keuangan Yang didapat dari KOPERINDO.
2.    Melaksanakan pembukuan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3.    Menerima simpanan sukarela anggota, deposito dengan jasa 9 % per tahun atau 0.75 % per bulan.
4.    Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembiayaan baik yang bersifat operasional maupun non operasional.
5.    Menyusun laporan keuangan tri wulan , tengah tahunan dan akhir tahunan
6.    Melakukan pembayaran Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2014 pada bulan Maret 2015
7.    Membantu auditor internal, untuk mencapai hasil yang optimal
E.         BIDANG UNIT USAHA
1.    Usaha Simpan Pinjam :
a.    Melayani pemberian pinjaman jangka pendek kepada anggota maksimum Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) dikembalikan maksimal 10 minggu/ kali dan jangka panjang maksimum Rp. 10.000.000,00 ( sepuluh juta rupiah) dikembalikan maksimal 12 bulan/kali dengan jasa 2% dari saldo tiap bulan.
b.    Mengadakan pemotongan jaminan resiko pinjaman jangka pendek sebesar 1% dan jangka panjang sebesar 0.5%. dengan catatan apabila anggota peminjam meninggal dunia maka sisa hutang uangnya di koperasi ditutup dengan dana Jaminan Resiko Pinjaman tersebut.
c.    Mengadakan pemotongan biaya administrasi sebesar 1%, biaya meterai sesuai kebutuhan, biaya premi asuransi jiwa disesuaikan dengan jumlah dipinjam, jangka waktu pembayaran dan umur pinjam (non reguler) dengan minimal rupiah Rp. 10.000,-
d.    Selama tahun 2014 telah melayani pemberian pinjaman kepada anggota, dengan rincian sebagai berikut :

No
NAMA ANGGOTA
Jumlah Pinjaman
Jumlah
Jumlah
Bagi Hasil
Total Pinjaman
1
NURHAYATI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
2
M ALI IMRON
 500,000
 50,000
 550,000
3
SUMRIL ARIF
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
4
MUKHLISIN
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
5
FERLI JAUHARI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
6
SITI AISYAH
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
7
TEGUH PRIYONO
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
8
PRONO MIARJO SURONO
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
9
DESRI ASTUTI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
10
SARKATI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
11
SRIYATI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
12
MURNIATI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
13
SUTRISNO
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
14
DESRI ASTUTI
 3,000,000
 300,000
 3,300,000
15
DESRI ASTUTI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
16
NURHAYATI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
17
SUCIPTO
 10,000,000
 1,000,000
 11,000,000
18
SITI AISYAH
 2,000,000
 200,000
 2,200,000
19
M ALI IMRON
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
20
BAMBANG SHOLIKIN
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
21
SRI RUSTINI
 2,000,000
 200,000
 2,200,000
22
SRIYATI
 2,000,000
 200,000
 2,200,000
23
SARKATI
 1,500,000
 150,000
 1,650,000
24
EVA VARIANTI
 500,000
 50,000
 550,000
25
SUTRISNO
 2,000,000
 200,000
 2,200,000
26
SUBARDI
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
27
SADIMAN
 1,000,000
 100,000
 1,100,000
28
SURONO
 500,000
 50,000
 550,000
29
MUSLIM SABARI
 300,000
 30,000
 330,000
30
SUWARNO
 300,000
 30,000
 330,000
31
MUSLIM SABARI
 500,000
 50,000
 550,000
32
SUMRIL ARIF
 500,000
 50,000
 550,000
33
SADIMAN
 300,000
 30,000
 330,000
34
M ALI IMRON
 500,000
 50,000
 550,000
JUMLAH
 44,400,000
 4,440,000
 48,840,000
Adapun kegunaan pinjaman tersebut adalah Untuk menambah modal usaha.
e.    Memperkuat permodalan dengan adanya penambahan jumlah simpanan wajib dan simpanan sukarela
2.    Usaha Pertokoan :
a.    Untuk meningkatkan kesejahteraan Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”  Pengurus dan pengawas koperasi telah sepakat untuk mendirikan unit usaha Toko kelontong yang mencukupi kebutuhan anggota yang mayoritas usahanya adalah pedagang , namun demikian mengingat dana dan perputaran modal yang belum mencukupi maka hal itu belum bisa dilaksanakan
F.         PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
1.    Bidang Organisasi dan Simpan pinjam
Keterbatasan sarana kantor untuk meningkatkan pelayanan terhadap anggota.
Usaha penanggulangan yang dilakukan adalah:
a.    Memanfaatkan komputer pinjaman dari ketua umum yang ada secara maksimal demi pelayanan anggota.
b.    Mengadakan kerjasama dengan mitra kerja untuk mengikut sertakan anggota dalam kegiatan Diklat Koperasi.
c.    Berencana Memasang fasilitas on line melalui jaringan internet dan membuat web set Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” yang akan dipergunakan sebagai sarana memasarkan produk unggulan anggota koperasi.
2.    Bidang Pengembangan Sumber Daya manusia
a.    Sulit mencari calon peserta pendidikan/pelatihan Perkoperasian yang diselenggarakan baik tingkat Kota Tanjungpinang Maupun Provinsi Kepulauan Riau, dikarenakan Mayoritas Anggota Adalah pedagang keliling.
b.    Belum seluruh anggota menyadari pentingnya pengetahuan perkoperasian untuk memajukan Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”
c.    Masih banyak anggota yang belum menyadari bahwa anggota adalah pemilik sekaligus pengguna/pelanggan bagi jasa Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”, sehingga belum seluruhnya anggota memanfaatkan jasa yang disediakan oleh Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa”
Usaha yang ditempuh adalah:
a.    Menentukan kuota per unit kerja untuk mengikuti seminar
b.    Terus menerus memberikan penyuluhan maupun informasi kepada anggota bahwa koperasi adalah milik anggota sekaligus pengguna jasa koperasi
3.    Bidang Keuangan
a.    Masih adanya anggota yang memanfaatkan jasa keuangan diluar koperasi padahal di koperasi masih banyak hutangnya sehingga koperasi dikalahkan.
b.    Formasi modal sendiri dengan modal luar tidak signifikan, sehingga perlu adanya peningkatan simpanan wajib dan simpanan sukarela untuk memperkuat modal sendiri.
Usaha yang telah ditempuh:
a.    Memaksimalkan operasional keuangan secara professional
b.    dengan mendahulukan kebutuhan anggota yang mendesak.
c.    Secara bertahap digunakan system pelaporan keuangan secara komputerisasi.
4.    Bidang Usaha
a.    Banyaknya anggota yang meminjam uang secara mendadak sehingga merusak cash flow.
b.    Masih ada anggota yang memaksakan diri untuk meminjam padahal penghasilanya sudah minus.
c.    Masih banyak anggota yang terlilit oleh bunga pinjaman yang sangat besar.
d.    Sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai terutama unit toko kelontong
 Usaha yang ditempuh:
a.         Mengupayakan melibatkan pihak ke tiga dalam menanggulangi pinjaman yang melebihi target.
b.         Diupayakan menghimpun dana dari anggota melalui simpanan sukarela.
c.         Secara terus menerus diupayakan pemenuhan standart pelayanan minimal termasuk sarana prasarana.
d.         Sudah memberikan peringatan baek melalui layanan SMS ataupun didatangi secara langsung kepada anggota yang cicilannya tidak lancar.
BAB IV
P E N U T U P
A.         Kesimpulan :
Pengurus dan pengawas Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” dengan kegiatan meliputi bidang organisasi dan Simpan Pinjam , bidang Unit Usaha telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditentukan. Pencapaian SHU sebesar Rp. Rp. 2.220.000,- merupakan suatu hal yang belum maksimal, hal ini dikarenakan beberapa hal antara lain hutang macet dan kurang lancar. Selain itu, juga dikarenakan masih rendahnya partisipasi anggota untuk meningkatkan kelancaran pembayaran iuran.
B.         Saran :
Keberhasilan koperasi tidak semata-mata ditentukan oleh besarnya pencapaian SHU yang di raih tetapi hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah :
1.    Keberhasilan pengurus untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anggota tentang perlunya berkoperasi.
2.    Pentingnya peningkatan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan bagi anggota dan keluarganya untuk mencapai ketenangan dalam menghadapi tugas rutinitas kehidupan perantauan dan usaha dagang.
3.    Peningkatan kerjasama yang baik antara pengurus dengan pengawas, anggota, serta eksistensi koperasi ditengah-tengah masyarakat.
4.    Perlu membuka usaha/toko baru terutama untuk meningkatkan dan mensejahterakan anggota, karyawan dan pengelola koperasi.


PERMOHONAN MAAF DAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA SELURUH ANGGOTA KOPERASI BINA MANDIRI “ KBM BiMa”

Kami yang bertandatangan dibawah ini kepengurusan :
I . Pengurus periode 2013-2014
a.    Ketua Umum                                                              : MUSTAMAR,SE
b.    Ketua I Bidang Organisasi & Simpan Pinjam             : SUWARNO
c.    Ketua II Bidang Unit Usaha                                        : SADIMAN
d.    Sekretaris                                                                    : SUNARNO
e.    Bendahara                                                                  : SUKIDI
II. Pengawas periode 2013-2014
a. Ketua                 : M ALI IMRON
b. Sekretaris          : RUKIYAH
c. Anggota             : RIAWATI
Menyatakan bahwa :
  1. Kami pengurus periode 2008-2010 dan Pengawas periode 2008-2009 mohon maaf kepada seluruh anggota dan pembina Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” selama masa bakti kepengurusan masih belum mampu memberikan yang terbaik untuk pelayanan dan kesejahteraan bagi anggota dan keluarganya.
Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pengelola Koperasi baik yang ada di lingkungan Koperasi Bina Mandiri “ KBM BiMa” , serta dinas dan instansi yang terkait atas kerjasamanya, pembinaan dan dukungan yang telah terjalin dengan baik
 
Support : KETUA KOPERASI | ADAM DAMIRI | KBM BIMA
Copyright © 2016. KBM BiMa - KOTA TANJUNGPINANG
JLN ARIF RAHMAN HAKIM GG NATUNA NO. 31 KOTA TANJUNGPINANG Telp : 0771 7446373
HP - 082386213650 email : bimakoperasi@yahoo.com